Resep Bandeng Cabut Tulang Mulo Teupeh-Peh (Aceh)

Resep Bandeng Cabut Tulang Mulo Teupeh-Peh (Aceh)

Teknik Membuat Bandeng Cabut Tulang

Mengolah masakan bandeng cabut tulang seperti Meuloh Teupeh-peh atau Otak-otak Bandeng Gresik memang tidak mudah. Namun dengan terus berlatih. tidak ada yang tak mungkin. Selain cara di dalam resep, berikut beberapa tip cabut tulang:

Cara 1: Bersihkan sisik ikan. Tarik kepala dan ekor dengan arah yang berlawanan. Patahkan tulang ekornya. Remas sambil tekan-tekan badan ikan dengan tangan untuk memudahkan saat mencabut tulang. Cabut tulang bagian tengah melalui lubang insang.

Cara 2: Bersihkan ikan dari sisik. Keluarkan isi perut perlahan dengan mematahkan sekat insang terlebih dulu. Cuci bersih, tiriskan. Pukul-pukul badan ikan bandeng dengan pegangan pisau atau kayu agar daging terlepas dari kulit. Keluarkan duri ikan dengan menekuk tulang ekor ke arah kepala. Tarik durinya pelahan-lahan. Keluarkan daging ikan dari lubang yang sama dengan bantuan sendok makan perlahan. Balikkan kuli ikan. bersihkan, dan balikkan kembali seperti semula. isi dengan bahan isiannya.

Cara 3: Siangi ikan dari sisik, insang. dan isi perutnya (ini bisa dikerjakan oleh tukang ikan di pasar). Tekuk-tekuk dengan lembut tulang ikan yang menyatu dengan bagian ekornya, sampai terasa ada yang patah. Tekan-tekan dengan lembut bagian punggung dan bawah ikan untuk memisahkan daging dari kulitnya. Tekan-tekan juga bagian sisi-sisi ikan. Lakukan semua dengan jari-jari tangan. Patahkan pangkal tulang ikan yang berada di kepala. Lakukan menggunakan tangan dengan cara menekuk-nekuknya dengan hati-hati. Tank/cabut tulang ikan dari arah kepala dengan tangan kanan, sedangkan tangan kiri menahan ekornya (jika masih sulit lepas. coba tekuk-tekuk lagi di bagian ekornya dan tekan-tekan bagian badan ikan). Dengan bantuan sendok kecil bertangkai panjang, keluarkan/keruk daging ikannya dengan hati- hati. jangan sampai merobek kulitnya. Kemudian bersihkan duri-duri dari dagingnya (untuk memudahkan, kukus dulu daging ikan sebentar, baru ambil dun-durinya). (Sumber: www.icip2didapur.blogspot.com )

Bahan:
1 ekor ikan bandeng ukuran besar
150 gram kentang, rebus, haluskan
1 butir telur, kocok lepas
2 sdm minyak, untuk olesan


Haluskan:
2 siung bawang putih
5 butir bawang merah
8 buah cabai merah keriting
1 cm jahe
2 buah asam kandis
1 sdt garam
ΒΌ sdt penyedap rasa (jika suka)


Cara Membuat:
1. Siangi ikan bandeng, lalu cuci hingga bersih. Pukul-pukul seluruh badannya hingga lembek. Patahkan tulang ekornya. Tarik tulang ikan melalui mulutnya.
2. Keluarkan bagian dagingnya, lalu haluskan dan buang semua duri-duri yang kecil.
3. Campur daging ikan yang dihaluskan dengan bumbu dan kentang yang sudah dihaluskan, aduk rata.
4. Masukkan campuran daging ikan ke dalam kulit ikan hingga bentuk ikan utuh kembali. Tusuk-tusuk kulit ikan dengan tusuk gigi.
5. Olesi bandeng dengan minyak, lalu panggang di dalam oven hingga matang. Angkat, sajikan.

Untuk 4 orang

tips !

Adonan kentang yang diisikan ke dalam badan ikan akan memuai pada saat dikukus. Oleh karena itu, agar tidak sobek, badan ikan yang sudah diisi adonan harus ditusuk-tusuk sampai udara bisa keluar.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *